//
you're reading...
INFO

[INFO] Pengalaman Mengurus Perubahan Jadwal Tiket Citilink

Kejadian ini bermula dari ketidaktelitian saya dalam membeli tiket. Awalnya saya membeli tiket penerbangan Batik Air one way ke kampung halaman (di travel agent). Waktu itu saya dapat harga promo, walaupun nilainya tetap lebih mahal dibanding tiket Citilink.

Karena kondisi saya yang lagi sedang sibuk-sibuknya, 2 hari kemudian saya lupa bahwa saya telah membeli tiket Batik Air tersebut dan membeli lagi tiket secara online. Saya dapat tiket Citilink.

3 hari sebelum berangkat, baru saya menyadari bahwa saya mempunyai 2 tiket untuk tujuan dan hari yang sama.

Saya segera mengurus ke travel agent tempat saya membeli tiket Batik Air. Walaupun sudah tahu bahwa tiket tersebut adalah tiket promo, mbak petugas travel agen bersedia membantu untuk mencoba mengurus perubahan jadwal tersebut ke pihak Batik Air.

Sore hari saya ditelepon si mbak tersebut, dikatakan bahwa ternyata meskipun tiket saya tiket promo, namun Pihak Batik Air dapat mengakomodir perubahan jadwal tiket saya. Hal ini sangat berbeda dengan kebijakan saudara kandungnya yaitu Lion Air. Batik Air memberi kesempatan untuk mengubah jadwal tiket saya. Jadi saya dapat terbang pada hari lain / berikutnya, maksimal sampai 2 bulan ke depan.

Namun untuk mengurus perubahan tersebut, saya harus datang ke Kantor Lion Air yang ada di daerah Harmoni (Jl. Gajah Mada, Jakarta). Saya harus mengurusnya maksimal sebelum 48 jam dari jadwal penerbangan. Mengapa??? Karena bila saya mengurus dalam rentang 48 jam sebelum jadwal penerbangan maka saya akan dikenakan denda (semacam Cancelation Fee, sebesar prosentase tertentu). Tentunya di luar biaya administrasi perubahan dan selisih harga tiket. Untuk mengurusnya kita hanya menunjukkan kode booking saja.

Karena saya tidak bisa datang ke kantor Lion Air tersebut, saya iseng mencoba menelepon Citilink melalui call centernya 0804 – 1 – 080808. Diterima oleh petugas cowok. Ternyata di Citilink, untuk melakukan perubahan jadwal tiket dapat dilakukan dengan datang ke kantor Citilink, kantor perwakilan, kantor citilink di bandara Terminal 1 C Soekarno Hatta dan YANG PENTING dapat juga melalui telepon di Call Center.

Saya ditanya kode bookingnya, tanggal dan jam terbang baru yang kita inginkan. Lalu petugasnya mengecek ketersediaan tiket pada jadwal yang baru tersebut. Bila ada, si petugas memberitahu biaya yang harus saya bayar. Biaya meliputi biaya administrasi sebesar Rp. 200.000 dan selisih harga tiket.

Selanjutnya bila kita menyetujui biaya tersebut, maka si petugas baru memberitahu cara pembayarannya yang bisa dilakukan melalui transfer ATM atau membayar di Indomaret. Selain itu kita diberi kode pembayarannya serta kode perusahaan.

Saya segera menuju ke ATM dan mengikuti petunjuk pembayaran yang tadi diberikan oleh si mas petugas Call Center. Kebetulan saya memilih cara transfer melalui ATM Bank Mandiri.

Tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Klik “Bayar / Beli”.
  • Pilih menu “Lainnya”.
  • Pilih menu “Lainnya” lagi.
  • Pilih menu “Multi Payment”.
  • Ketik kode perusahaan “53001”
  • Klik “Benar”.
  • Ketik Kode Pembayaran yang diberikan “………….” (12 digit).
  • Akan muncul nama kita, kode booking, jumlah biaya yang harus dibayar.
  • Pilih angka di depan jumlah biaya. Misal 1. Lalu ketik 1. Atau Klik “Benar”.
  • Selesai.
  • Telepon Call Center untuk mengkonfirmasi telah mentransfer biaya dan minta dicek apakah pembayaran kita sudah masuk ke rekening Citilink.
  • Kita memberitahu email kita dan si petugas akan mengirimkan tiket kita melalui email.

Catatan Penting :

  • Biaya belum termasuk biaya pulsa untuk menelepon Call Center selama sekitar 12,5 menit hehe…
  • Perubahan hanya dapat dilakukan sekali (Tiket yang telah diubah jadwalnya, tidak dapat diubah lagi).
About The Traveler Post

I am not a backpacker. I am not a flashpacker. I am not an exporer. I am just an ordinary traveler from Indonesia who want to see the world before die... This is my email = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook fan page = the traveler post

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Statistik Blog

  • 147,826 hit
Follow the traveler post on WordPress.com

Hotel Murah di Agoda.com

DAFTAR ISI TRAVELER POST

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 19 pengikut lainnya

