//
you're reading...
EXTREME

[X-TRIM] Festival Phuket Vegetarian

Thailand, negara tetangga kita ini ternyata menyimpan suatu festival yang cukup ekstrim.  Namanya Festival Phuket Vegetarian.  Lho? Vegetarian kok ekstrim? Itu mah biasa…  Coba ikuti liputannya berikut ini yang kami sarikan dari http://www.phuket.com/festival/vegetarian.htm.

Festival Phuket Vegetarian adalah acara yang diadakan selama sembilan hari di bulan Oktober setiap tahunnya. Festival tersebut untuk merayakan kepercayaan masyarakat China bahwa dengan pantang memakan daging dan berbagai stimulannya selama bulan kesembilan dalam kalender Cina akan membantu mereka mendapatkan kesehatan yang baik dan ketenangan pikiran.

Meskipun asal-usul festival ini tidak jelas, namun masyarakat beranggapan bahwa festival ini dibawa ke Phuket oleh sekelompok pengelana opera Cina yang terkena sakit malaria saat tampil di pulau tersebut. Lalu mereka memutuskan untuk melakukan diet vegetarian yang ketat dan berdoa kepada Sembilan Kaisar Dewa untuk mendapatkan pemurnian pikiran dan tubuh. Secara menakjubkan, semua orang dalam kelompok opera tersebut menjadi sembuh kembali.

Orang-orang merayakannya, dengan mengadakan festival, untuk menghormati para dewa serta mengekspresikan kebahagiaannya karena dapat bertahan hidup dari penyakit yang fatal pada abad ke-19 itu. Selanjutnya festival telah tumbuh dan berkembang menjadi acara tahunan yang spektakuler yang dihadiri oleh ribuan peserta yang datang dari China dan negara-negara Asia lainnya.

Salah satu aspek yang paling menarik dari festival ini adalah adanya berbagai upacara yang kadang-kadang sangat mengerikan. Misalnya berjalan di atas api (firewalking), menindik bagian-bagian tubuh (body piercing) dan tindakan-tindakan penyiksaan diri lainnya yang dilakukan oleh peserta. Tindakan-tindakan penyiksaan diri ini setiap tahunnya menjadi semakin berani dan semakin spektakuler. Pria dan wanita menusuk pipi mereka dengan berbagai alat termasuk pisau, tusuk sate dan benda-benda tajam lainnya. Mereka percaya bahwa para dewa akan melindungi orang-orang tersebut dari bahaya, dan sedikit darah atau luka hasil dari tindakan penyiksaan diri tersebut. Bagi orang yang berhati lemah, sangat tidak dianjurkan untuk menyaksikan festival ini.

Untuk memesan hotel sesuai budget anda di Phuket, silakan klik di sini : http://www.agoda.com/city/phuket-th.html?CID=1724916

Pada tahun 2011, terdapat sekitar 74 orang terluka dengan satu kematian. Terjadinya cedera biasanya berasal dari penggunaan petasan secara sembarangan, jadi berhati-hatilah terhadap “acara petasan” tersebut dan menjauhlah dari acara-acara yang dapat memekakkan telinga dan terkadang membahayakan dalam Festival Vegetarian ini.

Upacara festival berlangsung di sekitar enam kuil-kuil Cina yang tersebar di seluruh Phuket. Kuil utama adalah Jui Tui Shrine tidak jauh dari Fresh Market di Kota Phuket. Acara pertama adalah pengibaran Lantern Pole, suatu aktivitas yang memberitahukan kepada sembilan dewa Cina bahwa festival akan dimulai. Lalu ketika tiang sepanjang minimal sepuluh meter diberdirikan, peserta festival percaya bahwa dewa Hindu, Siwa, akan turun membawa kekuatan spiritual untuk acara tersebut. Ketika prosesi di jalanan berlangsung, pengunjung dapat melihat banyak peserta berjalan dalam keadaan trance. Acara-acara lainnya meliputi ratusan warga setempat berjalan melintasi batu bara yang menyala, atau mendaki tangga pisau tajam setinggi delapan meteran dalam keadaan trance. Selain tontonan visual festival ini, pengunjung dapat mengambil bagian dalam masakan vegetarian yang khusus disiapkan dan tersedia di warung-warung pinggir jalan dan pasar-pasar di seluruh pulau selama Festival.

Hidangan vegetarian tidak mudah dibedakan dari hidangan yang biasa. Kedelai dan produk pengganti protein yang digunakan untuk menggantikan daging dalam standar Thailand terlihat dan terasa sangat mirip daging. Carilah bendera kuning dengan merah karakter Cina atau Thailand untuk mencari warung makan vegetarian dan stand by-kan kamera anda agar dapat digunakan sewaktu-waktu !! Untuk informasi lebih lanjut tentang tanggal dan peristiwa, silakan kunjungi phuketvegetarian.com.

Bagaimana? Siap mengunjungi Phuket dan melihat festival yang ekstrim ini? 🙂

Sumber : http://www.phuket.com/festival/vegetarian.htm

Iklan

About The Traveler Post

I am not a backpacker. I am not a flashpacker. I am not an exporer. I am just an ordinary traveler from Indonesia who want to see the world before die... This is my email = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook fan page = the traveler post

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 147,826 hit
Follow the traveler post on WordPress.com

Hotel Murah di Agoda.com

DAFTAR ISI TRAVELER POST

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 19 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: