//
you're reading...
MY JOURNAL

[MY] Service Dahsyat Pramugari China Southern Airlines

Customer Service sudah sering saya dengar dan baca sebelumnya, baik di seminar, rapat dan buku-buku marketing. Customer Service merupakan cara suatu perusahaan melayani pelanggannya dengan tujuan akhir pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan. Tentu saja saya juga telah sering melihat dan merasakannya secara langsung.

Sejauh ini, pengalaman paling berkesan dengan suatu layanan Customer Service adalah di Jakarta. Di sebuah hotel di bilangan Thamrin, saya merasakan “customer service” terbaik yang pernah saya terima di Indonesia. Di mulai sejak turun taxi sudah dibukakan pintu oleh petugas hotel, pengecekan metal detector, buka pintu hotel, proses cek in di resepsionist dan menuju lift, semuanya dilayani dengan ramah dan menawarkan bantuan dengan senyum selalu mengembang di wajah mereka.

Namun ada satu pengalaman menerima “customer service” terbaik dan tidak pernah saya lihat sebelumnya di Indonesia. Hal itu saya temui di dalam pesawat China Southern Airlines dalam perjalanan dari Hangzhou ke Urumqi. Perjalanan menempuh waktu cukup lama. Dengan hawa “sejuk” di dalam pesawat, tentu saja membuat banyak penumpang kebelet pipis. Segera terjadi antrian yang lumayan panjang menuju toilet di bagian belakan pesawat. Saya dengan sabar menunggu antrian. Saya tidak terlalu memperhatikan antrian dan apa yang dilakukan oleh pramugari pada saat antrian terjadi. Saya sibuk menikmati kemolekan wajah pramugari China Southern Airlines. Ooops !

Saya baru melihat keanehan ketika seorang penumpang persis di depan saya akan masuk ke toilet. Dia disuruh menunggu oleh pramugari dan si pramugari lalu masuk sebentar ke dalam toilet tersebut. Beberapa detik kemudian si pramugari keluar dari toilet dan mempersilakan masuk penumpang di depan saya tadi. Saya tidak tahu apa yang dilakukan oleh si pramugari di dalam toilet tersebut karena memang tidak terlihat oleh saya meski pintu toilet tetap terbuka. Mungkin dia mengecek kelengkapan toiletries seperti tisu atau sabun.

Ketika penumpang di depan saya tadi selesai dan keluar toilet, saya segera beranjak melangkah masuk ke arah toilet tersebut. Namun si pramugari cantik tadi menggerakkan tangannya, memberi kode agar saya tidak masuk ke toilet.   Dia pun masuk ke dalam toilet dan saya terkejut, terperangah, terpukau dengan apa yang dilakukannya.

Ternyata si pramugari tersebut mangambil tisu kotor yang ada di lantai toilet yang dibuang oleh penumpang sebelum saya dan memasukkannya ke dalam tempat sampah. Lalu dia mengambil tisu bersih dan membersihkan / mengelap dudukan toilet yang basah dengan tangannya (sudah menggunakan sarung tangan plastik tipis). Setelah dudukan toilet bersih, lalu dia mempersilakan saya masuk ke toilet.

Rupanya si pramugari memastikan agar toilet telah bersih dan layak untuk digunakan oleh penumpang berikutnya yang antri. Mungkin saja bila penumpang sebelumnya lupa / tidak menyiram toilet (gue sedang di China man! Hehe..) maka si pramugari itulah yang akan menyiram dan mengelap toilet tersebut.

Dan itu dilakukannya setiap kali penumpang keluar dari toilet. Ruarr biasaa..!

Begitu saya masuk ke dalam dan selesai menuntaskan hajat saya, saya berusaha membantu si mbak pramugari dengan membersihkan dudukan toilet yang telah saya gunakan. Sehingga dia tidak perlu repot-repot membersihkan toilet yang baru saya gunakan..

Saya jadi mikir, apakah ada pramugari maskapai nasional yang bersedia untuk melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh pramugari China Southern Airlines tersebut??

Hahaha… Wani piroo..??

Bagaimana pendapat anda sahabat traveler??

Iklan

About The Traveler Post

I am not a backpacker. I am not a flashpacker. I am not an exporer. I am just an ordinary traveler from Indonesia who want to see the world before die... This is my email = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook fan page = the traveler post

Diskusi

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Laporan Pandangan Mata Dari Atas Pesawat Terbang Haji / Umroh | the traveler post - 16 April 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 147,826 hit
Follow the traveler post on WordPress.com

Hotel Murah di Agoda.com

DAFTAR ISI TRAVELER POST

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 19 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: