//
you're reading...
UNIK & MENARIK

[UNIK] Danau Warna Pink – Hillier Lake – Australia

Danau Hillier terletak di Australia, tepatnya di Middle Island, pulau terbesar di gugusan Kepulauan Recherche, Australia Barat. Panjang danau ini hanya sekitar 600 meter dengan lebar sekitar 250 meter. Dari segi ukuran dan keanekaragaman ikan yang ada di dalamnya, danau ini tidak akan membuat orang tertarik apalagi terpesona. Danau Hillier ini menarik perhatian mata para wisatawan dari warna airnya yang unik yaitu “pink”.

Karena terletak berdekatan dengan Samudera Pasifik, bila kita melihat danau ini dari atas pesawat atau helikopter, maka akan terlihat kontras antara warna pink Danau Hillier dan biru Samudera Pasifik yang sangat mencolok.

Penyebab warna pink air danau tersebut sampai saat ini masih belum dapat dipahami oleh para ilmuwan, meskipun diperkirakan hal ini terkait dengan keberadaan Mikroalga Dunaliella Salina. Dunaliella ini menghasilkan karotenoid, sebuah pigmen yang juga ditemukan di dalam wortel. Tetapi keberadaan Halophilic Bacteria di dalam kerak garam dapat menjadi penjelasan lain. Sebuah reaksi antara garam dan sodium bicarbonate yang ditemukan di dalam air danau dapat juga menyebabkan warna pink tersebut.

Danau ini pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh Matthew Flinders, seorang navigator dan cartographer, yang lalu mengambil sampel dari danau tersebut dan menyebutkan keberadaan danau ini dalam jurnalnya.

Danau ini dikelilingi oleh pohon-pohon kayu putih, pohon paperback dan laut di bagian utara pulau. Warna pink danau ini kurang mencolok bila dilihat dari darat tetapi sangat mencolok  bila dilihat dari atas udara.  Namun, tidak seperti danau pink lainnya di dunia, air Danau Hillier masih terlihat berwarna pink meskipun dimasukkan ke dalam gelas.

Selama beberapa tahun danau ini dimanfaatkan untuk penambangan garam. Namun saat ini danau ini hanya digunakan untuk tujuan pariwisata. Air danau ini tidak jernih dan tidak berbahaya atau tidak menyebabkan kerusakan pada kulit manusia. Bahkan, berenang di danau ini aman-aman saja dan akan menyenangkan. Tetapi hal ini tidak mungkin dilakukan oleh wisatawan biasa karena pulau dan danau ini tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Video lainnya dapat dilihat di sini: https://www.youtube.com/watch?v=SmUzpzZrEyg

Sumber :

Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=tOmf23QDnUY

Iklan

About The Traveler Post

I am not a backpacker. I am not a flashpacker. I am not an exporer. I am just an ordinary traveler from Indonesia who want to see the world before die... This is my email = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook fan page = the traveler post

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 147,826 hit
Follow the traveler post on WordPress.com

Hotel Murah di Agoda.com

DAFTAR ISI TRAVELER POST

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 19 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: