//
you're reading...
UNIK & MENARIK

[UNIK] Tradisi Potong Jari Suku Dani – Papua

Suku Dani di Papua mempunyai tradisi yang mengerikan, yaitu tradisi memotong jari tangan. Para anggota suku ini memotong jari-jari mereka sebagai cara untuk menunjukkan kesedihan mereka dalam suatu upacara pemakaman. Cara lain yang mereka lakukan untuk menunjukkan kesedihan dalam prosesi pemakaman adalah dengan mengolesi wajah mereka dengan abu dan tanah liat.

Sebagian besar yang menjadi “korban” ritual mengerikan ini adalah kaum wanita.   Keyakinan agama suku menuntut dilaksanakannya ritual semacam ini. Jika orang yang meninggal itu dianggap kuat, diyakini bahwa roh mereka akan mengandung kekuatan juga.

Dalam rangka untuk menenangkan dan mengusir roh-roh tersebut, beberapa praktik ritual yang mengerikan harus diikuti. Wanita yang mempunyai hubungan dengan orang yang meninggal akan dipotong bagian atas ruas jari mereka.  Sebelum dipotong, jari-jari akan diikat dengan tali selama lebih dari 30 menit. Setelah dipotong, ujung jari tersebut akan dibiarkan mengering, sebelum akhirnya dibakar dan abunya dimakamkan di area khusus. Di tempat umum sering terlihat ibu-ibu atau nenek-nenek dari Suku Dani dengan jari yang telah terpotong – kelima-lima jarinya.

Penjelasan lain yang disampaikan untuk ritual pemotongan jari adalah bahwa rasa sakit fisik yang dirasakan melambangkan penderitaan dan rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai. Dalam kasus seperti itu, jari akan dipotong oleh anggota keluarga dekat, seperti ibu, ayah atau saudara.

Ada juga suatu ritual mengerikan lainnya yang sejenis, yaitu seorang ibu menggigit ujung jari kelingking bayinya sampai putus. Diduga, penyebab munculnya ritual ini adalah pada suatu masa terdapat peristiwa di mana hampir semua bayi yang baru lahir meninggal, dengan berbagai sebab.  Diharapkan dengan ritual menggigit ujung jari bayi, si bayi akan menjadi berbeda dari bayi yang lain, dan mungkin akan hidup lebih lama.

Praktek ini telah dilarang dalam beberapa tahun terakhir.

Sumber : http://www.odditycentral.com

Iklan

About The Traveler Post

I am not a backpacker. I am not a flashpacker. I am not an exporer. I am just an ordinary traveler from Indonesia who want to see the world before die... This is my email = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook = thetravelerpost@gmail.com; My Facebook fan page = the traveler post

Diskusi

2 thoughts on “[UNIK] Tradisi Potong Jari Suku Dani – Papua

  1. Reblogged this on paduka1986 and commented:
    SUKU & BUDAYA

    Suka

    Posted by duwae1704 | 2 Juni 2015, 3:41 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik:  Tradisi Potong Jari Suku Dani – Papua | joeykambz88 - 21 Juni 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 132,069 hit
Follow the traveler post on WordPress.com

Hotel Murah di Agoda.com

DAFTAR ISI TRAVELER POST

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 19 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: